Subscribe

RSS Feed (xml)

Powered By

Skin Design:
Free Blogger Skins

Powered by Blogger

Sabtu, 25 Desember 2010

HALMAHERA UTARA_INDONESIA


Jarang orang-orang dan media mengetahuinya, kalau “potongan surga” itu ada di Halmahera Utara. Tepatnya di pantai luari. Mungkin tidak berlebihan kalau mengatakan “potongan surga”. Karena selama ini indonesia maupun dunia mengetahui, tempat yang indah  di indonesia hanya di Bali saja. Padahal kalau saudara-saudara berkunjung ketempat tersebut, pasti melihatnya dengan terkagum-kagum. Panorama laut yang sunggu indah, dengan tanjungnya yang mempesona. Lokasinya yang berhadapan langsung dengan Samudera Pasifik adalah daya tarik tersendiri pantai ini. Air lautnya yang jernih dan tenang sangat ideal untuk kegiatan berenang dan berperahu. Bagi pecinta snorkeling, di ujung utara pantai ini anda akan menemukan bunga-bunga karang dengan kualitas yang masih terjaga. Untuk menjangkaunya dengan perahu anda dapat meminta bantuan penduduk setempat.


Pantai Luari merupakan satu-satunya pantai dipesisir Halmahera Utara dimana anda dapat menyaksikan indahnya sunrise dan sunset. Berbeda dengan sunrise, sunset hanya bisa anda saksikan dari tanjung di sebelah utara pantai ini. Momen emas mentari yang sedang terbenam di punggung Gunung Tarakani adalah pemandangan yang spektakuler. Sayangnya tempat tersebut tidak di kelola dengan baik, sehingga masyarakat setempat menjadikan sebagai WC umum. Maklum mayarakat di desa tersebuat masih jauh dari tingkat kesejahtaraan, sehingga untuk membangun WC saja masih sulit. Setau saya WC yang ada di kampung tersebut hanya enam buah yang dibangun oleh pemerintah Almarhum  om suharto melalui dana IDT. Dengan penduduk yang jumlahnya kurang lebih 2000 jiwa, tidak memungkinkan untuk memakai WC  dalam satu waktu. Sehingga penduduk setempat   lebih memilih untuk membuangnya ke laut. Ini merupakan tanggung jawab penuh pemerintah  pusat, maupun lokal. Untuk memperdayakan wisata-wisata di seantero indonesia, agar dunia internasional tahu bahwa wisata di indonesia itu bukan hanya di bali. tapi, di ujung timur indonesiapun ada. Dengan panorama keindahan yang tidak kalah saing.


Bagi teman-teman yang ingin liburan, silakan mencoba kepantai ini. Pintu gerbangnya belom ada penjaga. Tidak seperti Bali dan tempat wista lainnya. Masuk tempat ini tidak perlu anda membawa Dollar US. Cukup dengan modal sepuluh ribu, ojek-ojek akan mangantarnya sampai tempat tujuan.(Chapitan Elluary)

You might also like:

1 komentar:

  1. Indaaahhhh....Perlu dikembangkan. Dinas Pariwisata Halut...ayoooooo, pasti bisa.
    Suatu saat Qta pasti sampe. (Jeffry gang)

    BalasHapus