Subscribe

RSS Feed (xml)

Powered By

Skin Design:
Free Blogger Skins

Powered by Blogger

Rabu, 29 Desember 2010

Aktivitas di Phuket

Napak Tilas Phuket Town
Sekitar 150 tahun yang lalu, Phuket berdiri sebagai pusat penambangan timah, yang menarik para pendatang dari China (terutama dari propinsi Fujian), Malaysia dan India. Beberapa kemudian menjadi sukses dan membangun rumah-rumah besar (mansion) di Phuket Town. Seiring dengan meredupnya pamor timah, perlahan hilang pula kejayaan era itu. Kini, pertambangan timah yang telah tutup berubah menjadi lapangan-lapangan golf dan resor seperti Phuket Laguna, Blue Canyon Golf Club, Phuket Country Club dan Phuket Boat Lagoon.
Untuk merasakan kembali era yang telah silam, kita bisa mulai dari mengunjungi kantor TAT Phuket Office di Thalang Road untuk meminta peta “Phuket Town Treasure Map”. Jalur jalan kaki dimulai dari persimpangan Phangnga dan Phuket Road, tepat di depan stasiun polisi dengan menara jam. Di seberangnya terdapat gedung Chartered Bank, bank asing pertama di Phuket di tahun 1900-an. Bank inilah yang meminta adanya stasiun polisi itu, untuk keamanan.
Thalang Road
Pastikan Anda berjalan melalui Thalang Road, untuk menyaksikan gaya arsitektur yang khas dengan serambi ala Sino-Eropa, mencicipi hidangan lezat, berdoa di kelenteng dan aneka aktivitas lainnya.
Ruko-ruko di sana bertipe China neo klasik dan art deco. Beberapa telah direnovasi dengan cantik, seperti House of Beautiful Images di sudut Soi Romanee atau China Inn Cafe. Sembari berjalan-jalan, cicipilah kuepancake di Aroon  atau dendeng manis di Wilai’s. Simak batik berwarna-warni yang dijajakan para pedagang India, atau hirup aroma jamu China di Nguan Chun Tong, toko herbal tertua di kota. Lihat pula supermarket pertama di Phuket, Sin & Lee, atau jika ingin belanja perhiasan gaya lama, Sin Yoo Chang adalah tempatnya.
Beberapa gedung juga memiliki daya tarik arsitektural tersendiri, seperti:
Thai Hua Museum
Bekas sekolah China ini kini menjadi pusat pameran dan kegiatan masyarakat untuk seni dan budaya Baba.
Phuket Provincial Hall 
Bangunan dari awal abad ke-20 ini pernah menjadi Kedubes AS dalam film pemenang Oscar The Killing Fields. Seluruh pembuatan film ini memang diadakan di Thailand.

         
Chinpracha House di Krabi Road
Satu-satunya mansion dari era lampau yang dibuka untuk umum. Dibangun di tahun 1903 dengan gaya Sino-Portugis seperti di Penang, dan pernah menjadi tempat pembuatan film The Killing Fields dan Heaven and Earth (Oliver Stone). Kini, tempat bersejarah ini akan diubah menjadi restoran Blue Elephant, sebuah chain restaurant ternama. 

  
Baan Klung Jinda
Mansion berusia 100 tahun ini kini menjadi restoran yang menyajikan hidangan Siam Zaman Dulu. Anda juga dapat berkeliling di properti megah ini.
Kuil Jui Tui Shrine (di sudut Ranong Road & Soi Phutorn).
Diperuntukkan bagi dewa vegetarian, Kiew Ong. Menjadi pusat arak-arakan saat prosesi festival vegetarian. Di sebelahnya terdapat kuil Phud Jaw Shrine, bagi Sang Dewi Welas Asih Kuan Im. Kuil lain yang juga menarik adalah Kuil Shrine of the Serene Light (masuk melalui jalan kecil di samping On On Hotel). Diperuntukkan bagi Ong Soun Tai Sai, sang “Hercules” dari China. Juga dapat melihat ramalan nasib dengan ‘ciam si’ tapi hanya dalam bahasa Mandarin atau Thai.
     
Jui Tui Shrine                                          Shrine of the Serene Light
Berlayar di Royal Phuket Marina 
www.royalphuketmarina.com
Di salah satu pusat yacht tercanggih di Asia ini Anda dapat mencarter yacht dan berlayar ke ratusan pulau alami. Juga tersedia pertokoan, restoran dan akomodasi kelas satu. 
Yachting di Phuket sangat ramai saat penyelenggaraan King’s Cup Regatta (awal Des).
Bungee Jumping
Jungle Bungy Jump (www.phuketbungy.com)
61/3 Moo 6, Vichitsongkram Road
Bersertifikat standar internasional, menaranya yang setinggi 50 meter menawarkan panorama spektakuler Jungle Lagoon. Tersedia pula bungy trampoline untuk segala usia.
Trekking Gajah
Bang Pae Safari
12/3 Moo 5 Srisoonthorn
Tersedia berbagai acara menarik di sini, seperti trekking bersama gajah ke air terjun tertinggi di Phuket, Bang Pae Waterfall atau ke Gibbon Project, berjalan-jalan di hutan, atau berkano di alam ke hutan bakau.
Berkuda
Phuket Laguna Riding Club  (www.phuket-bangtao-horseriding.com)
47 Lagoon Road, Bangtao Beach
Berkuda adalah cara yang sangat menyenangkan untuk menjelajahi alam utara Phuket yang tropis. Tersedia kuda-kuda jinak yang cocok untuk awam maupun anak-anak, dengan jalur melalui hutan, padang rumput dan cemara pesisir, atau program sembilan kilometer di pantai Bangtao yang putih.
Kayak Laut
Paddle Asia (www.paddleasia.com)
Cara seru untuk menemukan pulau-pulau tersembunyi, pantai-pantai terpencil dan bukit karang yang mencuat dari laut. Anda dapat mengunjungi taman nasional terdekat seperti Khao Sok dan Phang Nga Bay, atau terus ke Satun dan Trang. Juga tersedia kursus dan instruktur untuk mengajarkan Anda petualangan baru ini.
Pearl Farm
Peternakan mutiara ini terdapat di sekitar Nakha Noi Island dan Rang Yai Island. Agribisnis ini terbuka untuk umum, dan Anda dapat sekaligus berbelanja mutiara berkualitas bagus dengan harga wajar. Untuk datang dibutuhkan pesanan (reservasi) di muka. Hubungi agen perjalanan Anda atau kantor TAT setempat.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar