Subscribe

RSS Feed (xml)

Powered By

Skin Design:
Free Blogger Skins

Powered by Blogger

Selasa, 28 Desember 2010

Taman Dayu Alam Asri-Indonesia

ndotoplist.com : Sebagai salah satu obyek pariwisata unggulan di Kabupaten Sragen, kini telah dibangun kawasan wisata Kampung Dayu yang berlokasi di Desa Dayu Kecamatan Karangmalang. Dengan luas area sekitar 5 Ha dan didukung suasana pedesaan yang hijau, sejuk dan indah, kawasan ini siap dijadikan obyek wisata baru bagi masyarakat. Di tempat yang penuh potensi ini, pengunjung akan dimanjakan dengan pesona keindahan kehidupan alami seperti sungai yang membelah area tersebut, pemandangan alam yang indah serta suasana pedesaan yang merupakan daya tarik tersendi
Taman Dayu Alam Asri
Keindahan Panorama Desa 

Di Kabupaten Sragen telah berdiri sebuah tempat wisata bernuansa pedesaan yang sangat lengkap dan sarat dengan nilai pendidikan dan hiburan. Dayu Alam A sri begitulah objek wisata ini dinamakan. Sesuai dengan namanya, tempat wisata ini sangat dekat dengan nuansa alam nan asri. 

Terletak di Desa Dayu, Kecamatan Sragen sekitar 20 KM dari Kota Solo; Dayu Alam Asri menyimpan sejuta potensi yang siap dinikmati oleh para wisatawan dari berbagai usia. Selain karena keindahan alam pedesaan yang mempesona dengan deretan pohon jati yang menaungi areal seluas hampir 5 Ha, berbagai fasilitas pendukung telah disediakan demi kenyamanan para wisatawan yang berkunjung ke tempat ini. Antara lain : mini zoo , wahana bermain dan ketangkasan, agrowisata, resort , pendopo pertemuan, gazebo, kolam renang lengkap dengan arena luncuran, resto, dan sebagainya. 

Sebuah kebun binatang mini ( mini zoo ) menjadi salah satu spot menarik dari objek wisata ini. Koleksi binatang yang hidup dan terpelihara dengan baik di mini zoo ini antara lain rusa, kanguru, landak, ular, burung merak, elang, berbagai jenis ikan langka seperti ikan lele afrika, ikan arapaima, danalligator fish . 

Selain sebagai kebun binatang mini, tempat ini juga berfungsi sebagai tempat penangkaran beberapa jenis binatang di atas.
Taman Dayu Alam Asri
DAYU HOMESTAY 

Taman Dayu tersaji begitu menarik. Dibangun di pinggir aliran sungai kecil dengan rindang dan dedaunan disekelilingnya, membuat kita ingin beraktivitas seperti memancing, berkeliling dengan perahu, atau bersantai dengan perahu kano.

Pemandangan alam perbukitan dan luasnya lahan yang ada sangat memadai untuk kegiatan hiking. Tak lupa, Mini Zoo yang merupakan kerjasama dengan dinas Pemkab Sragen melengkapi fasilitas yang ada.

Kampung Dayu didukung dengan fasilitas yang lengkap untuk berwisata, seperti sungai, hutan, kebun binatang mini dengan berbagai jenis hewan seperti kangguru, rusa, elang, berbagai jenis burung, berbagai jenis ikan, dan lain-lain. Disamping itu berbagai kegiatan menarik dapat dilakukan di tempat ini, seperti: memancing, berkano, boat, camping, dan lain-lain.

Sebagai Desa yang digunakan untuk uji coba MIX FARMING yaitu sistem pertanian dan peternakan untuk memaksimalkan pemanfaatan, sehingga tidak ada sampah dari pertanian atau peternakan yang terbuang.

Di tempat ini, pengunjung dapat menikmati berbagai sarana bermain yang dirancang khusus untuk menumbuhkan kreativitas anak-anak. Mereka dapat berenang di kolam pemandian yang airnya jernih, serta belajar mendayung perahu kayak. Ini masih ditambah tempat pendukung olahraga lainnya, serta rumah joglo yang bisa dijadikan sarana permainan anak-anak.

Selain itu, pengunjung juga dapat melakukan wisata outbound. Dengan suasana desa yang alami dan masih segar ternyata menjadi daya tarik tersendiri untuk menikmati udara desa dan berpetualang. Beragam permainan yang dipersiapkan bertujuan merangsang nyali, mental, dan rasa pengunjung telah diselaraskan dengan potensi alam di daerah tersebut. 

Melalui potensi alam yang ada, pengelola memiliki concern untuk mendayagunakan alam sebagai wahana pendidikan mengenal lingkungan, sehingga dapat menumbuhkan jiwa keberanian dan percaya diri. Hal ini penting untuk untuk membentuk mental anak agar berani mengambil keputusan.
Taman Dayu Alam AsriTaman Dayu Alam Asri
Taman Dayu Alam Asri
Objek wisata ini memiliki konsep sebagai daerah tujuan wisata keluarga, sehingga semua orang dari berbagai usia dapat menikmati kenyaman an dan hiburan yang ditawarkan oleh tempat ini. Fasilitas-fasilitasnya pun tersedia lengkap baik bagi anak-anak, remaja, maupun orang tua. 

Masuk lebih jauh ke arena wisata ini, para wisatawan akan disuguhi sebuah taman lalu lintas di mana anak-anak bisa bermain dan belajar tentang disiplin berlalu lintas dengan cara yang tentu saja mengasyikan dan mudah diterima oleh mereka. Selain itu, mereka juga bisa bermain air sepuasnya di kolam renang yang lengkap dengan luncuran yang penuh warna. 

Selain itu bagi para wisatawan yang menyenangi tantangan serta kegiatan yang cukup ekstrim dan menantang adrenalin, sebuah wahana flying fox yang terbentang di atas sungai selebar 50 M siap untuk dijajal. Atau jika Anda tidak begitu suka dengan ketinggian namun tetap menginginkan tantangan, cobalah untuk ber- canoeing menyusuri sungai Dayu. Ini tentu akan menjadi pengalaman yang sangat mendebarkan. Aktivitas air yang lain adalah memancing. Anda bisa memuaskan kegemaran Anda dalam hal memancing di sungai Dayu. Sejumlah perahu disediakan bagi Anda yang dapat di manfaatkan saat memancing atau sekedar untuk menikmati panorama alam dari atas permukaan air. 

Untuk menambah citra tempat wisata ini sebagai objek wisata alam dan wisata agro, areal pertanian organi k terhampar luas di sini. Berbagai jenis tanaman sayur dan buah tumbuh dengan sangat subur tanpa terkontaminasi dengan bahan-bahan kimia yang berbahaya karena semua tanaman ini menggunakan pupuk organi k yang berasal dari kotoran hewan sehingga sangat sehat untuk dikonsumsi.

Tanaman-tanaman tersebut antara lain : buah naga, p e paya jeruk, pisang, kacang panjang, cabai, tomat, pare, terung, singkong, ubi jalar, ceme, sawi hijau, mangga, tebu, padi, dan masih banyak lagi. Selain itu, di objek wisata ini juga bisa dijumpai tanaman Rosella yang daunnya setelah diolah bisa dijadikan minuman sejenis teh. Sebuah green house (rumah kaca) yang menaungi berbagai jenis tanaman hias yang sedap dipandang dan berbagai jenis tanaman obat juga telah didirikan di lokasi wisata ini.
Taman Dayu Alam Asri
Bagi para pecinta ikan, Anda akan dimanjakan oleh jajaran akuarium yang lengkap dengan berbagai koleksi ikan yang berupa warna, bentuk, dan ukuran.

Dengan kawasan wisata yang sedemikian luas dan sarat dengan spot-spot yang menarik, tentu tidak puas rasanya jika hanya dinikmati dalam waktu singkat. Anda tidak perlu bersusah-susah mencari tempat penginapan karena objek wisata ini juga telah dilengkapi dengan fasilitas resort yang bisa Anda sewa kapan saja. 

Resort ini akan memberi kenyamaan bagi Anda yang menginginkan untuk tinggal lebih lama agar bisa menikmati seluruh pesona Dayu Alam Asri karena berbagai fasilitas telah disiapkan demi kenyaman Anda, antara lain kamar tidur, kamar mandi dengan bath tube air hangat dan dingin, pantry , garasi, AC, kolam renang, ruang tamu, dan teras belakang dengan panorama hutan jati dan sungai Dayu. Arsitektur bangunan yang artisti k yang mengutamakan kenyamanan penghuni dan penggunaan batu-batu alam sungguh merupakan sesuatu yang mesti Anda rasakan saat berkunjung ke Dayu Alam Asri. Anda akan merasa berada di rumah sendiri ( homy ) saat menginap di Dayu Homestay.

Tidak lengkap rasanya jika berkunjung ke suatu tempat wisata tanpa mencicipi menu-menu yang ditawarkan di resto-resto sekitar lokasi wisata. Begitu pula jika Anda berwisata ke Dayu Alam Asri. Kunjungan Anda belum lengkap jika belum menikmati berbagai jenis hidangan yang tersedia di resto Dayu. Disajikan dari bahan-bahan yang alami dan organi k , hidangan-hidangan tersebut akan terasa sangat nikmat apalagi karena dinikmati diresto bambu yang sangat close to nature .

Selain sebagai daerah tujuan wisata keluarga, Dayu Alam Asri juga siap menjadi tuan rumah berbagai pertemuan. Sebuah meeting room berbentuk joglo gagah berdiri di kawasan wisata ini.
Dengan pesona wisata dan fasilitas yang sedemikian lengkap, tidak ada alasan bagi Anda untuk tidak merasakan dan membuktikan sendiri. So, what are you waiting for ?
Sumber : www.sragen.go.id, pariwisatasragen.wordpress.co

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar