Subscribe

RSS Feed (xml)

Powered By

Skin Design:
Free Blogger Skins

Powered by Blogger

Selasa, 28 Desember 2010

Wisata Kabupeten Boyolali-indonesia

Indotoplist.com : Kabupaten Boyolali terletak di sebelah barat laut wilayah Solo. Dengan keindahan pemandangan yang mempesona di antara dua gunung, Gunung Merapi dan Gunung Merbabu. Kabupaten ini memiliki potensi pengembangan yang sangat tinggi di bidang Sumber Daya Alam dan Ekowisata, yang semakin diperkuat dengan keramah-tamahan penduduk.
Wisata Kabupeten Boyolali
Tirto Marto Pengging

Pemandian ini terletak di Desa Dukuh Kecamatan Banyudono yang pada jaman dahulu hanya dipergunakan untuk Raja-Raja dan keluarganya dari Kraton Kasunanan. Di lokasi ini terdapat beberapa sumber air dan semuanya melaksanakan tradisi padusan.

Umbul Ngabeyan merupakan pemandian Pakubuwono X dan lokasinya berdekatan dengan Umbul Dudo dan Umbul Temanten. Konon orang yang kungkum di umbul dengan hati bersih dan lapang bakal mendapat berkah.
Wisata Kabupeten Boyolali
Masjid Cipto Mulyo Pengging

Masjid ini merupakan peninggalan Raja Pakubuwono X dan berada di lokasi wisata air Pengging. Yang mana pemandian Pengging ini juga merupakan peninggalan Pakubuwono X dan kerabatnya. Arsitektur mesjid yang khas dengan ornamen dari kayu memperkaya warisan bangunan kuno di Solo Raya.

Di dekat lokasi masjid ini terdapat makam R Ng. Yosodipuro. R Ng. Yosodipuro merupakan salah satu pujangga Kasunanan Surakarta yang dimakamkan di Desa Pengging. Hidup di masa Pemerintahan Pakubuwono II, III dan IV. Jasanya dalam pengembangan sastra modern sangat besar.
Wisata Kabupeten Boyolali
Umbul Tlatar

Pemandian alam ini terletak di Desa Kebonbimo Kecamatan Boyolali, dilengkapi dengan panggung terbuka, rumah makan serta kolam pancingan. Konon menurut masyarakat sekitar, jika mandi di Umbul Tlatar akan awet muda.

Setiap dua hari menjelang bulan Puasa diadakan acara Padusan. Terdapat dua buah pemandian di sini yaitu pemandian umbul Asem dan pemandian umbul Pengilon.
Wisata Kabupeten Boyolali
Woodball Course Tlatar

Wood Ball Course ini berada di kompleks wisata umbul Tlatar. Woodball sendiri merupakan cabang olahraga yang berasal dari Taiwan, menggunakan bola yang terbuat dari kayu dan digerakkan dengan menggunakan stik kayu.

Kompleks olahraga ini sangat asri dengan dikelilingi dengan wisata air dari Umbul Tlatar, juga dilengkapi dengan rumah makan dan kolam renang.
Wisata Kabupeten Boyolali
Pesanggrahan Pracimoharjo

Terletak di Desa Paras berjarak sekitar 6 km ke arah Barat dari kota Boyolali. Merupakan petilasan sholat Sri Susuhunan Paku Buwono X yang masih dilestarikan sebagai obyek wisata minat khusus ziarah

Lokasi:
Desa Paras Kecamatan Cepogo, Kabupaten Boyolali.
Wisata Kabupeten Boyolali
Obyek Wisata Selo

Obyek wisata yang terletak di sekitar gunung Merapi dan Merbabu atau tepatnya di kecamatan Selo ini merupakan obyek wisata pemandangan alam yang sangat indah dan memesona dengan panorama yang masih asli dan alami. Setiap malam 1 Suro diadakan acara Sedekah Gunung. Merapi merupakan salah satu gunung paling aktif. Dengan beberapa puncak pendakian seperti Pasar Bubrah dan Puncak Garuda, dapat ditempuh dari Selo, tepatnya dari Pos Penjagaan Joglo. Gunung Merbabu merupakan gunung non aktif dengan medan terbuka dan berbukit-bukit dengan ladang-ladang petani. Pendakian Merbabu dapat ditempuh kira-kira 6 jam dari Selo.
Wisata Kabupeten Boyolali
Waduk Cengklik

Obyek wisata ini terletak di Desa Ngargorejo, Kecamatan Ngemplak ± 20 km, kearah timur laut Kota Boyolali.
Waduk dengan luas genangan 300 ha ini dibangun pada jaman Belanda, tujuannya untuk mengairi lahan sawah seluas 1.578 ha, bisa untuk latihan sky air.

Letaknya sangat strategis, berdekatan dengan Bandara Adi Sumarmo, Asrama Haji Donohudan, Monumen POPDA, dan Lapangan Golf.

FASILITAS / FACILITIES :

  • Wisata Air / Water Resort

  • Pemancingan / Fishing Area

  • Rumah Makan Lesehan / Floating

  • Restaurant.

  • Sumber : www.soloraya.co.id, www.boyolalikab.go.id

    Tidak ada komentar:

    Poskan Komentar