Subscribe

RSS Feed (xml)

Powered By

Skin Design:
Free Blogger Skins

Powered by Blogger

Selasa, 28 Desember 2010

Taman Nasional Berbak (TNB)-Indonesia

Indotoplist.com : Taman Nasional Berbak merupakan kawasan pelestarian alam untuk konservasi hutan rawa terluas di Asia Tenggara yang belum terjamah oleh eksploitasi manusia. Keunikannya berupa gabungan yang menarik antara hutan rawa gambut dan hutan rawa air tawar yang terbentang luas di pesisir Timur Sumatera.
Taman Nasional Berbak (TNB)
Taman Nasional Berbak merupakan kawasan konservasi lahan basah terluas di Asia Tenggara. Taman Nasional ini ditetapkan melalui Surat Keputusan Mentri Kehutanan Nomor  : 285/Kpts-II/1992, tanggal 26 Februari 1992 dengan luas 162.700 Ha.

Sebagai Taman Nasional, Berbak mempunyai ekosistem yang masih asli, serta keunikan ekosistem lahan basahnya yang merupakan satu kesatuan ekosistem hutan rawa gambut dengan luas dua pertiga bagian dan hutan rawa air tawar yang sepertiga bagian, serta adanya kawasan pantai yang merupakan kawasan persinggahan burung-burung migran ditiap tahunnya.

Sebagai kawasan konservasi lahan basah yang masih asli dan unik serta kepentingannya bagi dunia internasional, maka melalui Keppres No. 48 tahun 1991 kawasan ini  dimasukkan kedalam kawasan konvensi Ramsar yaitu perlindungan lahan basah secara internasional.

Sebelumnya Berbak merupakan kawasan suaka marga satwa yang penetapannya dilakukan sejak tahun 1935 oleh pemerintah Belanda.

Taman Nasional Berbak secara geografis terletak diantara 104 06" - 104 30" BT dan 10 5" - 1 35' LS. Sedangkan secara administratif berada di dua wilayah Kabupaten yaitu Kabupaten Tanjung Jabung dan Kabupaten Batanghari.

Taman Nasional Berbak yang terletak di pesisir pantai timur Jambi  ini mempunyai kondisi topografi yang relatif datar dengan ketinggian hanya mencapai  12,5 meter diatas permukaan laut dan dipengaruhi oleh pasang surut air laut.
Taman Nasional Berbak (TNB)
Tumbuhan  (Flora)
Taman Nasional Berbak sebagai kawasan dengan ekosistem lahan basah rawa-rawa mempunyai ciri-ciri khusus yang ditandai dengan jenis-jenis vegetasi yang tahan dengan genangan air.

Perakaran dengan banir (akar papan) yang tinggi dan kokoh serta akar-akar nafas menjadi pemandangan tersendiri.

Di kanan kiri sepanjang sungai akan banyak kita jumpai jenis vegetasi Rasau, Bakung dan Rumput-rumputan. Selain itu daerah yang dipengaruhi oleh air asin tegakkan awalnya selau dimuklai dengan pohon Nipah(Nypha).
Taman Nasional ini mempunyai  10  jenis pandan dari keluarga Pandanaceae.Bahkan  Lebih dari 27 jenis  palem dari keluarga Aracaceae berada di kawasan ini, menjadikannya sebagai kawasan dengan jenis palem yang dikenal terbanyak di indonesia.

Jenis palem yang termasuk kedalam tanaman hias langka adalah jenis palem berdaun payung (Johannesteijsmannia altifron) serta tumbuhan endemik Berbak  yaitu Lepidonia kingii lorantaceae  yang berbunga besar berwarna merah/ungu.

Jenis pepohonan besar diantaranya Ramin (Gonystilus bancanus), Jelutung (Dyera costulate), Durian (Durio carinatus), Pulai serta dari keluargaDipterocarpaceae. 
Jenis-jenis anggrek  hutan masih banyak yang belum terungkapkan diantaranya adalah anggrek harimau yang berbunga sepuluh tahun sekali.
Taman Nasional Berbak (TNB)
Hewan (fauna)
Dengan menyusuri sungai-sungai utama maupun anak sungai dalam kawasan ini akan dapat kita temukan berbagai hidupan liar. Burung-burung seperti Bebek hutan(Cairina scutulata), semua jenis raja udang (Alcedenidae) serta 9 jenis Rangkong yang hidup di Sumatera.

Kawasan ini juga menyimpan Bangau Tontong (Leptotilus javanicus). Pantai Cemara merupakan daerah persinggahan burung-burung migran diantaranya Trulek, Trinil, dll. Taman Nasional  ini diperkirakan menyimpan lebih dari 300 jenis  burung.

Beberapa jenis primata seperti Beruk (Macaca nemestrina), Kera ekor Panjang(Macaca Fasticularis), Surih (Presbitis cristatadan Siamang (Symphalangus syndactylus)

Kehidupan liar di air diantaranya dari jenis reptilia yaitu Buaya Muara (Crocodilus porosus). Buaya Air Tawar/Sinyulong (Tomistoma schegelii), Kura-kura Gading (Orlita borneisnsis), Labi-labi serta Tutong (Batagur baska). Dari jenis ikan terdapat Arwana dan Belida.

Beberapa jenis  mamalia yang terdapat  di kawasan ini diantaranya Tapir (Tapirus indicus), Harimau Sumatera (Panther tigris sumatrensis), Beruang Madu (Helartos  malayanus).

Taman Nasional Berbak (TNB)
POTENSI MENARIK TNB
Sebagai kawasan rawa-rawa dengan segala potensi yang ada didalamnya mempunyai daya tarik dan tantangan tersendiri bagi wisatawan lokal maupun mancanegara.

Pengamatan Harimau 
Taman Nasional  ini merupakan habitat penting bagi  satwa mamalia besar dan buas ini. Disini anda akan dapat mengintai Harimau pada saat-saat tertentu (sore).

Melihat jejak dan mendengarkan suara dan pengaruhnya terhadap satwa lainnya. Lokasi untuk melakukan kegiatan ini berada  di Resort Air Hitam Dalam dan desa sekitarnya serta Resort Air Hitam Laut.

Pertualangan Malam Dengan Buaya 
Dua jenis buaya yang jumlahnya relatif masih banyak ini yaitu Buaya Muara/Katak(Crocodilus porosus) dan Buaya Air/Sinyulong (Tomistoma schegelii). Petualangan ini dilakukan pada malam hari terutama pada saat bulan gelap/mati.

Hal ini karenakan buaya kurang suka kondisi terang. Sarana yang dibutuhkan yaitu perahu dayung dan senter. Dalam melakukan petualangan ini kita di tuntut ketenangan dan kesabaran diri serta lingkungan yang tenang. Lokasi petualangan ini berada di Sungai Air Hitam Laut, Air Hitam Dalam dan Sungai Benuh.

Pengamatan Burung MigranPantai Cemara sebagai daerah persinggahan burung-burung migran dalam jumlah ribuan ini cukup menarik untuk di nikmati, apalagi di tunjang dengan kondisi selpanjang pantai  yang ditumbuhi dlengan pohon cemara laut yang menjulang keatas.

Fasilitas yang digunakan yaitu menara pengintai dan teropong  serta buku tentang burung. Lokasi di Resort Labuan Pering, desa Sungai Cemara.
 
Mengarungi Sungai Air Hitam Dalam 
Sungai Air Hitam Dalam mempunyai pemandangan fenomena alam yang sangat indah, menarik dan masih alami. Airnya yang tenang dengan kondisi alam hutan menimbulkan  keteduhan dan ketenangan jiwa sebagai pelepas kebisingan dan kepenatan kota.

BAGAIMANA CARA MENCAPAINYA
Untuk mengunjungi Taman Nasional Berbak dapat ditempuh dengan menggunakan perjalanan darat dan air. Perjalanan dilakukan dari Jambi dengan menggunakan mobil menuju Suak Kandis yang di tempuh  selama 1,5 jam.

Disini anda akan mendapatkan informasi awal tentang Taman Nasional Berbak di Pusat informasi dan Penyuluhan Taman  Nasional Berbak. Perjalanan dilanjutkan dengan menggunakan speed boat menuju lokasi wisata pertama yaitu Air Hitam Dalam selama 45 menit. Anda dapat beristirahat sejenak di Kantor Resort Air Hitam Dalam.

Bila anda menginginkan ke Nipah Panjang dapat ditempuh dengan menggunakan speed boat selam 45 menit. Untuk menuju Resort Air Hitam Laut bila cuaca tenang dapat menggunakan speed boat melalui laut selam 2,5 jam, bila menggunakan perahu laut /pompong kurang lebih  selam 4-5 jam. Untuk menuju lokasi pantai Cemara dapat ditempuh dengan speed boat selama 30 menit.

Untuk keamanan dan kemudahan sebelumnya pengunjung diharafkan meminta izin dari kantor Unit Taman Nasional Berbak.

Beberapa puluh kilometer dari ibukota  Propinsi Jambi, terdapat sebuah kawasan di pantai Timur Sumatera. Kawasan tersebut mempunyai  potensi  yang tidak terhingga, mulai dari keanekaragaman flora, fauna sampai keindahan panorama alamnya. Itulah Taman Nasional Berbak.
Sumber : www.dephut.go.id, www.bappedajambi.go.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar