Subscribe

RSS Feed (xml)

Powered By

Skin Design:
Free Blogger Skins

Powered by Blogger

Sabtu, 25 Desember 2010

Gunubg Rinjani,NTB-Indonesia

 

Wisata alam ini berada di daerah utara Kabupaten Lombok Tengah, Propinsi Nusa Tenggara Barat. Tepatnya di desa Senaru, kecamatan Bayan. Desa ini berjarak kurang lebih 60 km dari ibu kota Mataram. Lokasi wisata ini masih berada dalam kawasan Gunung Rinjani yang merupakan gunung tertinggi ke-3 diIndonesia, lokasi air terjun yang berada di kawasan Rinjani ini dinamakan Sendang Gila (baca gile), karena menurut cerita, penduduk setempat secara tidak sengaja menemukan air terjun ini kala memburu singa gila yang mengacau di sebuah kampung dan kemudian lari masuk ke hutan. Sentuhan alamnya yang tergolong jauh dari nuansa perkotaan, panorama asri dan menawan, serta udaranya yang segar, mampu membawa anda ke dunia yang dapat menghilangkan kepenatan di kepala.

 

secara administratif, Gunung yang menjadi favorit bagi para pendaki gunung ini berada di tiga wilayah yakni Kabupaten Lombok Tengah, Lombok Barat dan Lombok Timur, Provinsi Nusa Tenggara Barat, Nama ‘Rinjani‘ berasal dari bahasa Jawa Kuno yang berarti ‘Yang Agung‘. Menurut dongeng suku Sasak, gunung ini merupakan kediaman putri Anjani, putri dari dewa tertinggi Pulau Lombok. Sejak tahun 1990, kawasan gunung seluas ± 41.330 ha ini dinyatakan sebagai taman nasional oleh Menteri Kehutanan. Gunung Rinjani yang merupakan gunung tertinggi ketiga di Indonesia mempunyai iklim tropis dengan rata-rata curah hujan sekitar 2.066 mm per tahun.


Jalannya yang cukup terjal dan curam serta jalurnya yang berkelok-kelok menjadikan lokasi Gunung Rinjani cukup menantang para penggemar trekking dan pecinta alam. Suhu yang relative tidak stabil semakin menambah nilai tantangan yang dimiliki gunung yang masih aktif ini. Gunung Rinjani memiliki Danau Segara Anak di puncaknya yang dikunjungi oleh masyarakat sekitarnya setiap tahun secara massal untuk melaksanakan upacara adat. Danau Segara Anak seluas +156 ha dikelilingi oleh tebing-tebing yang merupakan dinding kaldera berwarna-warni, sangat menarik para pengunjung. Begitu pula dengan air danau yang berwarna-warni pada ketinggian 2.008 m dpl, serta pemandangan alam yang sangat menakjubkan. Bagi para pecinta alam, ada tiga jalur yang bisa ditempuh untuk menuju Gunung Rinjani: jalur Sembalun, jalur Senaru dan jalur Torean.
  1. Jalur Sembalun: Dari kota Mataram menuju Desa Sembalun, Kabupaten Lombok Timur (4-5 jam kendaraan umum); dari Sembalun ke Puncak Rinjani (7 jam jalan kaki)
  2. Jalur Senaru: Dari kota; Mataram menuju Desa Senaru, Kecamatan Bayan, Kabupaten Lombok Barat (3-4 jam kendaran umum), dari Senaru ke puncak Rinjani (9-10 jam jalan kaki)
  3. Jalur Torean: Dari kota Mataram menuju Desa Torean, Kecamatan Bayan, Kabupaten Lombok Barat (4-5 Jam kendaraan umum), dari Torean ke puncak Rinjani 8-9 jam jalan kaki)


  

foto: http://www.flickr.com/photos/96265474@N00/

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar