Subscribe

RSS Feed (xml)

Powered By

Skin Design:
Free Blogger Skins

Powered by Blogger

Selasa, 28 Desember 2010

EKOWISATA MENDAKI GUNUNG BINTAN-INDONESIA

Indotoplist.com : Ekowisata Mendaki gunung gunung tertinggi di Pulau Bintan untuk menjelajahi hutan hujan tropis, melihat kehidupan hewan liar dan juga menikmati pemandangan indah di puncak gunung. Gunung Bintan yang terletak di kampung Bekapur, Desa Bintan Buyu, Kecamatan Teluk Bintan, Kabupaten Bintan.
EKOWISATA MENDAKI GUNUNG BINTAN
Gunung Bintan yang terletak di kampung Bekapur, Desa Bintan Buyu, Kecamatan Teluk Bintan, Kabupaten Bintan sebenarnya lebih mirip dengan bukit, karna ketinggian puncaknya hanya sekitar 400m di atas permukaan laut.

Bagaimanapun bukit ini merupakan 'gunung' tertinggi yang ada di Pulau Bintan. Puncak bukit bisa ditempuh hanya dalam waktu sekitar 2 jam.

Ada beberapa hal menarik yang bisa ditemui sepanjang pendakian. Yang paling utama, tentu saja ketika berada di puncak kita bisa menikmati pemandangan indah, karena dari puncak bukit ini kita bisa melihat kesekeliling Pulau Bintan.

Disamping pemandangan indah di puncak, gunung bintan juga merupakan hutan hujan tropis yang dihuni oleh berbagai flora dan fauna.

Kita bisa dengan mudah menemui berbagai jenis tumbuhan tropis dan pohon-pohon raksasa serta aneka binatang seperti monyet, tupai, ular, pelanduk, berbagai jenis burung, dsb. Dalam kegiatan tour ini kita juga dapat mempelajari ekosistem hutan hujan tropis.
EKOWISATA MENDAKI GUNUNG BINTAN
Setelah lelah mendaki, kita bisa mandi dengan air segar yang berasal dari air terjun yang terletak persis di kaki gunung. Dikaki gunung ini juga banyak sekali terdapat kebun buah penduduk, dari mulai durian, rambutan, manggis, duku dsb. Pada saat musim buah, tentu saja kita bisa membeli buah disini dengan harga yang lebih murah dari dipasar dan rasanya lebih enak karna baru di petik dari pohonnya.

Kegiatan pendakian ini dipandu oleh satu atau dua orang pemandu lokal yang terlatih dan bisa berbahasa Inggris dengan baik. Pemandu akan dibantu oleh 'porter' yang bertugas untuk membawa perbekalan wisata. Di akhir tour, akan disuguhi makan tradisional, khususnya nasi goreng khas Sribintan.


Sekilas BINTAN:


Pulau Bintan merupakan pulau terbesar diantara pulau-pulau lainnya yang ada di propinsi termuda Indonesia, yaitu propinsi Kepulauan Riau. Letaknya sangat strategis karena berbatasan langsung dengan negara tetanga Singapore dan Malaysia.

Jarak tempuh dari Singapore ke Tanjung Pinang hanya 2 jam dengan menggunakan Ferry. Bahkan bagian utara Pulau Bintan, yaitu Lagoi dapat ditempuh hanya dalam waktu 55 menit.
EKOWISATA MENDAKI GUNUNG BINTAN
Karena letaknya yang strategis, sudah sejak lama Bintan menjadi pusat perdagangan dan pariwisata. Pariwisata semakin berkembang ketika diterapkannya kebijakan bebas visa bagi wisman asal negara Asean, seperti Singapore dan Malaysia.

Setiap tahun Pulau Bintan dikunjungi oleh sekitar 500 ribu orang wisatawan mancanegara. Ada dua tujuan wisata di Bintan, yaitu Tanjung Pinang yang menjadi ibu kota propinsi Kepulauan Riau dan Kawasan Wisata Internasional Lagoi, Kab. Bintan yang terletak di utara P. Bintan.

Wisman yang datang ke Tanjung Pinang di dominasi oleh turis dari Singapore dan Malaysia, umumnya mereka datang untuk berbelanja (shopping) atau mencari hiburan semata. Sedangkan turis yang datang ke Kawasan Wisata Lagoi lebih beragam, biasanya mereka datang dengan tujuan untuk berlibur, bulan madu atau berolah raga, khususnya golf.

Sumber : www.ekowisata.info

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar