Subscribe

RSS Feed (xml)

Powered By

Skin Design:
Free Blogger Skins

Powered by Blogger

Sabtu, 25 Desember 2010

Pulau Samosir-Medan

Share |
Pulau Samosir adalah sebuah pulau vulkanik di tengah Danau Toba di provinsi Sumatra Utara. Sebuah pulau dengan ketinggian 1.000 meter di atas permukaan laut menjadikan pulau ini menjadi sebuah pulau yang menarik perhatian para turis, Pulau samosir menyajikan pemandangan Danu Toba yang indah serta alam pegunungan yang masih asri, terdapat juga banyak  wisata sejarah dan wisata budaya yang unik dan menarik untuk di kunjungi.

TUK TUK
Hampir semua wilayah di kabupaten Toba Samosir ini memiliki daya tarik wisata. Tuk Tuk merupakan tempat yang paling banyak dikunjungi wisatawan di Pulau samosir. Tuktuk adalah pusat konsentrasi turis di Pulau Samosir. Di Tuk Tuk yang terletak berhadapan langsung dengan Parapat di seberang danau berderet hotel dan restoran didirikan di tepi danau di sepanjang jalan yang mengelilingi semenanjung. Di Tuk Tuk anda dapat menikmati keindahan alam baharinya yang masih asri, menikmati kesejukan pegunungan yang masih hijau, dan menikmati kesegaran udara dingin serta birunya Danau Toba.

Akses
Tuk Tuk berada di kabupaten Toba Samosir, terletak di Pulau Samosir, dan berada di seberang kota Parapat
Dari kota Medan dapat menyewa mobil atau menggunakan kendaraan umum menuju Parapat yang memakan waktu 4 jam. Dari Parapat, Tuktuk dapat di capai dengan feri penyeberangan dalam waktu 1 jam. Selain perhubungan air, Pulau Samosir juga dapat dicapai lewat jalan darat melalui Pangururan yang menjadi tempat di mana Pulau Samosir dan Pulau Sumatera berhubungan.

Fasilitas
Hotel, Rumah-rumah Penginapan, Restoran dan Rumah makan, Toko Souvenir yang menjual kain tenun ulos serta ukiran-ukiran dan lainnya, tempat penyewaan sepeda maupun sepeda motor untuk berkeliling Pulau samosir dengan harga terjangkau, kendaraan umum, ada juga ojek yang dapat disewa untuk berkeliling Pulau Samosir.

Kegiatan yang dapat dilakukan
Dari Tuk Tuk anda dapat menyewa sepeda maupun sepeda motor, bisa juga  menggunakan ojek atau dapat manaiki kendaraan umum untuk berkeliling mengunjungi tempat-tempat wisata yang berada di Pulau Samosir.

AMBARITA
Ambarita yang terletak beberapa kilometer di sebelah utara Tuk Tuk terdapat Desa Siallagan. Disini dapat dijumpai rumah-rumah adat masyarakat Batak yang masih asli terdapat juga kursi dan meja persidangan masyarakat zaman dulu yang terbuat dari batu dan telah berusia tua yang  diletakkan secara melingkar. Dahulu tempat ini adalah tempat pertemuan antara pemuka desa dimana berbagai masalah dibicarakan dan diselesaikan. Serta menjadi tempat untuk mengadili orang yang bersalah untuk menerima hukuman.

TOMOK
Di Tomok yang berjarak beberapa kilometer di selatan Tuk Tuk terdapat sejumlah rumah tradisonal Batak dan makam-makam tua yang terbuat dari batu, seperti makam Raja Sidabutar penguasa kawasan Tomok pada masa itu. Disini juga dapat ditemui peti mati dari batu yang dihias dengan berbagai ukiran.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar