Subscribe

RSS Feed (xml)

Powered By

Skin Design:
Free Blogger Skins

Powered by Blogger

Sabtu, 25 Desember 2010

BEDEGUNG,JAWA TENGGAH-INDONESIA

Singgah di Muara Enim untuk menikmati obyek wisata alam air terjun Bedegung bisa menjadi oase yang menyegarkan kala mudik melalui jalan lintas tengah Sumatera. Bahkan, jika beruntung, Anda juga bisa meneguk kopi bedegung yang terkenal nikmat itu.
Posisi Muara Enim di jalinteng Sumatera membuat kota itu sebenarnya hanya dilalui pemudik menuju Lubuk Linggau atau Lahat. Pemudik ke Prabumulih atau Palembang biasanya lebih memilih rute melalui Batu Raja karena lebih dekat.
Akan tetapi, jika wisata alam menjadi salah satu agenda untuk mengisi liburan Anda di kampung halaman, keindahan pesona alam air terjun Bedegung sayang untuk dilewatkan.
Untuk menjangkau obyek wisata ini dari Batu Raja, sebaiknya Anda mengisi penuh tangki bahan bakar karena hampir sepanjang jalan Batu Raja-Muara Enim hanya ada satu stasiun pengisian bahan bakar untuk umum sekitar empat kilometer dari batas Kota Batu Raja.
Jika Anda berangkat dari arah Prabumulih, dianjurkan mengisi bahan bakar di Kota Muara Enim.
Jalan menuju air terjun Bedegung dari Batu Raja sebagian besar sudah beraspal, tetapi banyak tikungan tajam. Berkendaralah dengan santai sambil menikmati pemandangan sungai yang terhampar hampir di sepanjang sisi kiri jalan.
Lokasi air terjun Bedegung berjarak sekitar empat kilometer dari jalan utama. Rumah- rumah khas Sumatera Selatan yang berbentuk panggung terlihat di kanan kiri jalan. Beberapa di antaranya ada yang sudah berumur ratusan tahun.
Dulu, kolong rumah tersebut difungsikan untuk menyimpan kayu bakar, hasil kebun kopi dan karet, dan kandang ternak. Kini, kolong rumah banyak yang beralih fungsi menjadi tempat jualan dan garasi rumah.
Sebagian besar warga di daerah ini masih bertani kopi. Saat musim panen, warga mengeringkan kopi di jalan yang sekaligus menjadi halaman rumah. Kopi seharga Rp 30.000 per kilogram ini layak menjadi oleh-oleh untuk kerabat di kampung halaman.
Sekitar 300 meter sebelum memasuki lokasi, derasnya air terjun Bedegung sudah terdengar. Airnya yang segar menggoda orang untuk mandi atau sekadar membasuh muka.
Di dekat air terjun ada kolam pancing dan arung jeram. Jika ingin menikmati suasana air terjun lebih lama, ada sembilan vila yang bisa disewa di sekitar lokasi air terjun itu dengan tarif Rp 75.000 per vila per malam. (RAZ/REK/WHY)

sumber: kompas.com

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar