Subscribe

RSS Feed (xml)

Powered By

Skin Design:
Free Blogger Skins

Powered by Blogger

Sabtu, 25 Desember 2010

UMBUL SIDOMUKI,JAWA TENGAH INDONESIA



Pernahkah kalian membayangkan bermain air di lereng pegunungan? Sejauh mata memandang tampak perbukitan yang menghijau, beratapkan langit biru dan awan putih. Bukan cuma kesejukan udara yang bisa kita nikmati. Perasaan damai dan tenteram pasti meliputi hati. Kesan seperti itulah yang didapatkan saat berada di kolam renang Umbul Sidomukti. Yuk, ikuti cerita keceriaan bermain air di tempat ini!
Girigahana Sidomukti
Kolam renang Umbul Sidomukti teramat berkesan. Obyek wisata yang diresmikan 2 Agustus 2007 ini terletak di lereng Gunung Ungaran. Bahkan, letaknya persis di tepi jurang. Letaknya yang berada di puncak ketinggian membuat kita seperti begitu dekat dengan awan. Oh ya, kolam renang ini dikabarkan sebagai kolam renang tertinggi di Indonesia, bahkan di Asia. Bayangkan saja, ketinggiannya mencapai 1031 m di atas permukaan laut. Jadi, sambil berenang kita bisa memandang panorama di bawah bukit.
Di sini, teman-teman akan melihat bangunan kolam renang yang unik yaitu menyerupai sawah berundak. Hal itu dikarenakan ada tiga tingkat kolam, masing-masing dengan kedalaman yang berbeda. Menariknya lagi, kolam renang di sini bergaya tradisional sebab tepi kolam disusun menggunakan batu-batuan. Gaya seperti ini seolah membuat kita lebih menyatu dengan alam.
Sumber air kolam renang ini murni dari mata air pegunungan, loh. Letak kolam renang yang berada di daerah tinggi ini, kita bisa melihat semburan air ke udara dengan ketinggian mencapai 1,5 m dari dasar kolam. Bisa dijamin, air yang berasal dari pegunungan itu segar dan bersih. Uniknya lagi, limpahan air yang terus mengalir itu akan jatuh ke kolam di bawahnya. Air itu pun terus mengalir hingga ke daerah persawahan yang ada di sana.
 
Kolam Renang Berundak
Kolam renang yang unik ini sebenarnya merupakan salah satu bagian dari berbagai fasilitas yang ada di lokawisata Girigahana Sidokmukti. Lokawisata ini terletak di pusat wisata terkenal di Semarang, yaitu Bandungan. Jika orang Jakarta dan sekitarnya mencari keindahan alam dan udara segar di Puncak, maka orang Semarang akan menikmatinya di Bandungan. Ya, Bandungan bagaikan Puncak bagi orang Semarang.
Tempat wisata ini tepat berada di desa Sidomukti, Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang atau sekitar 40 km dari pusat kota Semarang. Setelah melewati pasar Jimbaran yang terkenal di Bandungan, pengunjung harus naik melalui jalan kecil sepanjang 3 km. Walaupun hanya berjarak 3 km dari keramaian, diperlukan waktu yang tidak sedikit untuk mencapai lokasi. Untuk mencapai lokasi ini, pengunjung harus berhati-hati mengemudikan kendaraan. Sebab, ada kerusakan di beberapa bagian jalan yang kita lalui. Ini membuat jarak yang tak seberapa itu menjadi terlihat lebih jauh.
Meski tubuh kita terguncang saat melalui jalanan yang berlubang, hal itu segera terbayarkan bila menyaksikan keindahan alam di daerah tersebut. Hamparan sawah berundak dan hutan pinus di sekelilingnya terlihat begitu cantik. Dari kejauhan, terlihat Bukit Kembar Cimanggal, Gunung Ungaran, dan Gunung Merbabu. 
 
Flying Fox dan Marine Bridge
Oh ya, di sini juga tersedia arena outbound. Sebut saja flying fox, yang pas untuk menguji nyali. Di tempat ini, flying fox terpasang di antara dua lembah, sepanjang 110 meter dan 60 meter. Bisa jadi, ini merupakan flying fox tertinggi di Indonesia karena kedalaman lembah yang mencapai 70 meter.
Selain itu, ada juga jembatan tali atau yang lebih sering disebut dengan istilah marine brigde. Jembatan sepanjang 60 meter ini terombang-ambing di atas jurang. Mengerikan, ya? Kalau takut dengan ketinggian, jangan coba-coba deh berjalan di atas jembatan ini.
Dua arena permainan itu memang ditujukan bagi kakak-kakak kita. Tapi jangan khawatir, ada juga yang untuk anak-anak. Seperti, flying fox yang panjangnya hanya 15 meter. Ada pula jembatan meniti dari bambu yang berguna melatih keseimbangan. Di bawah jembatan itu terdapat kolam yang menyerupai kolam renang. Jadi, bila kita tidak bisa menjaga keseimbangan berjalan di jembatan itu, siap-siap deh terjatuh ke dalam kolam. Wah, seru sekali ya.-aan wulandari-


sumber: http://www.majalahbravo.com

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar